Minggu, 23 Maret 2014

Qonaah Pintu Kebahagiaan

Sahabat..! Dalam menjalani hidup yang sementara ini, mestinya program kita, bukanlah ”bagaimana untuk kaya, bagaimana untuk terkenal, bagaimana untuk puas, bagaimana untuk tampil cantik mempesona, bagaimana untuk nampak tampan” .
Namun mestinya yang harus dipikirkan dalam hidup ini, ”bagaimana bisa mencari ilmu agama sebanyak-banyaknya? Bagaimana bisa mendapatkan dan menguasai ilmu agama? Bagaimana bisa menjaga aqidah dan agama islam sampai mati? bagaimana bisa benar dalam ibadah? Bagaimana agar tidak sebatas ibadah wajib saja melainkan menambahnya dengan amalan sunnah? bagaimana cara mengetahui harta yang halal? Bagaimana cara mendayagunakan harta secara benar? Itulah yang seharusnya senantiasa menjadi program kehidupan kita.
Semua orang pasti pengen kaya….. namun kenyataannya, masih banyak juga yang miskin. Memang benar KAYA belum tentu senang. Namun Miskin udah pasti sengsara…..betul ga??? Hehehehe
Jujur…..Memang berat untuk menjalani hidup sebagai dhuafa’. Tapi bukan berarti hanya berhenti sampai di situ. Tidak ada alasan bagi si miskin untuk berputus asa.
Yakinilah…..Rizqi Allah sangatlah luas. Rizqi bukanlah terbatas pada rumah yang kita bangun di mana-mana, atau pada mobil-mobil yang disimpan di garasi, dan bukan juga segudang emas, atau uang yang kita tumpuk-tumpuk. Melainkan rizqi adalah sesuatu yang kita butuhkan, yang membuat kita bahagia saat mendapatkannya.
Yakinilah ……Kaya belum tentu mulia di hadapan Allah….miskin belum tentu hina dihadapan Allah…. Jujur…..Bahagia bukan hanya terletak pada DUIT saja….
Buat apa duit banyak, bila tinggal di daerah konflik, seperti di Gaza, yang tiap menit ada dentuman suara bom? Mau?
Buat apa duit banyak, bila tinggal di ruang ICU RS. Pertamina Pusat ? mau?
Buat apa duit banyak, bila hasil korupsi, seperti para pejabat yang sekarang di krangkeng oleh KPK ? Mau? kalau mau direnungi....
Saat kita haus dan ada teman yang menawari kita minum………..
Saat kita lapar dan istri kita sudah memasakkan untuk kita………
Saat kita pulang dan anak-anak/keluarga kita menyambut dengan senyum bahagia………
Saat kita kelelahan berjalan dan ada seseorang yang datang memberi tumpangan…………..
Saat kita buta dan tidak tahu arah dan ada seseorang yang menuntun kita pada hidayah………..  Saat kita butuh bimbingan dan bertemu dengan guru yang luar biasa…………….
Saat kita bersedih, ada teman yang menghibur kita………………..
Kalau mau jujur….. itu semua bagian dari rizqi yang besar dari Allah. Oooh…….
Sebenarnya kita adalah orang yang sangat kaya akan rizqi Allah, namun terkadang tidak menyadarinya…. Ehem… syukurlah kalau sudah mengerti…..Ya…. Sering kali kita dipusingin oleh satu jerawat yang ada di wajah…. Tanpa melihat, betapa Tuhan telah mencipta kita dengan sempurna? Sesungguhnya Allah tergantung prsangka hambaNya.....
Saat kita berpikir bahwa kita kaya, maka kita tidak akan mengalami susah, walau dalam keadaan hanya tinggal di rumah gubuk dan makan hanya dengan lalapan daun singkong saja. Namun, saat kita berpikir bahwa kita miskin, maka kita akan susah dan terus merasa susah, walau kita tinggal di rumah gedongan dan bergelimang harta.
Al hasil, Qona’ah merupakan sifat yang terbaik yang harus ditumbuhkan dalam hati gunamenjalani hidup….
Al hasil, Berbahagialah orang yang mendapat hidayah islam dan memiliki sifat qona’ah, merasa puas dengan Pemberian dari_NYA, meski rizqinya pas-pasan.
Moga dapat difahami..
Wallahu a’lam.
اللهم اجعل الدنيا تحت أيدينا ولا تجعلها في قلوبناولا تجعل الدنيا أكبر همنا ولا مبلغ علمنابجاه المصطفى صلى الله عليه وسلم سيدنا
ISLAM DIDAKTIKA – 16 Maret 2014
islamdidaktika.web.id
www.facebook.com/pages/Islam-Didaktika/226224114114784