Maqbaroh as Sayid al Faqih al Muqaddam Muhammad bi Ali Ba'alwi |
Beliaulah Sayyidunal Imam Al Faqih Al Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbat, jadi Imam Muhammad bin Ali Shahib Mirbat merupakan sosok Imam yang menyatukan seluruh guru-guru tarikat sufi dan asal-usul para pembesar ahli hakikat dari kalangan Bani Alawy, sedangkan Sayyiduna Faqih Muqaddam adalah guru dan imam bagi para guru tersebut bahkan mahaguru dan imam bagi setiap guru dan imam, inilah yang di ungkapkan oleh penyusun qosidah ini (Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad) menyebut beliau sebagai Syeikhus Syuyukh (mahaguru).
Dan beliau adalah seorang Arif Billah yang mengenal hukum-hukum Allah dan kebesaran-kebesaran Allah, memiliki pengetahuan luas akan berbagai ilmu pengetahuan dan berbagai lautan ma’rifat yang dalam.
Beliaulah tokoh para ulama besar, suri tauladan bagi para arifin, guru bagi para muhaqqiqin, pembimbing para salikin, poros utama bagi para wali sufi, imam para imam umat Muhammad, pemimpin kalangan Bani Alawy, sumber daerah kewalian Rabbani, pusat kekeramatan yang luar biasa, pemilik biografi yang tinggi, diakui kesempurnaannya dalam kedudukan imam ahlu sunnah sebelum memasuki tarekat tasawuf, beliaulah Abu Abdillah Jamaluddin Muhammad bin Ali bin Al Imam Muhammad bin Ali bin Alwy bin Muhammad bin Alwy bin Ubaidillah bin Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-’Uraidli bin Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al Husain As Sibit bin Al Imam Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra.
Beliau merupakan salah satu pasak utama tarikat tasawuf dan tokoh ulama besar, Allah menampakkan pada diri beliau tanda-tanda kebesaran, mengalirkan melalui ucapannya berbagai macam hikmah dan membukakan baginya rahasia-rahasia ghaib.
Orang-orang yang menimba ilmu dari beliau adalah para Imam besar dari kalangan ahli fiqih, guru-guru tasawuf dan orang-orang shaleh, beliau berhasil menelurkan para imam besar dari kalangan auliya’ dan asfiya’ yang banyak sekali jumlahnya, disamping banyak para salikin yang menjadi murid beliau, beliau disepakati keimamannya.
Seluruh imam di masanya mengakui keunggulannya dan kesempurnaan keimaman dan sifat warisan Nabawi yang agung pada diri beliau, mereka melihat pada diri beliau sifat-sifat para Khulafa’ Rasyidin, tanda-tanda para Siddiqin, rahasia para Muqarrabin dan keistimewaan para ulama besar lainnya.
Seluruh imam di masanya mengakui keunggulannya dan kesempurnaan keimaman dan sifat warisan Nabawi yang agung pada diri beliau, mereka melihat pada diri beliau sifat-sifat para Khulafa’ Rasyidin, tanda-tanda para Siddiqin, rahasia para Muqarrabin dan keistimewaan para ulama besar lainnya.
Permulaan beliau ibarat terminal akhir bagi ulama ahli tarekat yang setingkat beliau, beliau di berikan kekokohan yang sangat kuat dan kemantapan dalam kesempurnaan tauhid dan hakikat keyakinan yang belum pernah dianugerahkan kepada para wali Qutub Al Arifin dan Muqarrabin selain beliau, hal ini diakui oleh para ahli kasyaf bahwa setiap saat beliau senantiasa mabuk karena minuman cinta yang murni kepada Allah, hingga di akhir umurnya beliau mendapat berbagai anugerah yang sangat agung dan penyaksian hakikat serta anugerah rahasia Ladunni yang sangat besar, hal ini menyebabkan beliau hilang kesadaran selama ‘seratus malam’ beliau berdiri tenggelam dalam lautan-lautan rahasia illahi, hilang dari apapun yang selain Tuhannya, senantiasa
melazimi-Nya tanpa makan dan minum.
melazimi-Nya tanpa makan dan minum.
Di saat tidak sadarkan diri itu dikatakan pada beliau:
“Kullu Nafsin Dzaa-iqotul Maut.”
“Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian.” (Qs. Ali Imran: 185).
“Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian.” (Qs. Ali Imran: 185).
Beliau menjawab: “Aku tidak memiliki jiwa, dikatakan lagi:
“Kullu Man ‘Alayhaa Faan.”
“Dan apa saja yang ada di atas bumi akan lenyap.” (Qs. Ar Rahman: 26).
“Dan apa saja yang ada di atas bumi akan lenyap.” (Qs. Ar Rahman: 26).
Beliau menjawab: “Aku tidak di atasnya.”
Dikatakan lagi:
Dikatakan lagi:
“Kullu Syay-in Haalikun Illaa Wajhahu.”
“Segala sesuatu akan binasa, kecuali Dzat Allah.” (Qs. Al Qashash: 88).
“Segala sesuatu akan binasa, kecuali Dzat Allah.” (Qs. Al Qashash: 88).
Beliau menjawab: “Aku besasal dari cahaya wajah-Nya.”
Dalam keadaan dibawah titik kesadaran itu beliau mengabarkan hal-hal ghaib yang akan terjadi di masa depan, rahasia-rahasia illahi dan ilmu-ilmu alam malakut, dalam keadaan itu beliau mengabarkan bahwa akan terjadi kebakaran besar di Baghdad dan khalifah yang berkuasa akan terbunuh, ternyata apa yang beliau kabarkan terjadi, beliau juga memberitahu tentang banjir bandang yang akan terjadi, beliau mengatakan: “Sesungguhnya lautan telah mengalami air pasang besar,” ternyata terjadilah banjir bandang di Hadhramaut yang memakan korban sekitar empat ratus jiwa dan menghancurkan beberapa kota, banjir ini disebut dengan Jahisy.”
Selain di Hadhramaut juga terjadi banjir bandang di Baghdad tepatnya pada bulan Jumadil Akhir tahun 654 H kala itu sungai Dajlah mengalami air pasang hingga menjebol bendungan dan pintu kota yang
menghancurkan rumah menteri dan para Punggawa khalifah semuanya sekitar 330 rumah dan menelan banyak korban jiwa akibat terkena reruntuhan rumah di samping banyak korban lainnya yang tenggelam dalam kejadian itu, peristiwa ini diceritakan oleh Sayyid Al Allamah Muhammad bin Abu Bakar Syillih dalam kitab Masyra’ Rawi, beliau telah menyebutkan bahwa Sayyidina Faqih Muqaddam menyebutkan kejadian banjir yang akan terjadi di Baghdad itu saat beliau dalam keadaan dibawah titik kesadaran itu, beliau juga mengabarkan akan terjadi kebakaran di masjid Nabawi dan ternyata di hari pertama bulan Ramadhan sekitar tahun 656 H terjadilah kebakaran di masjid itu, beliau juga memberitahukan tentang serbuan tentara Tatar dan khalifah akan terbunuh pada bulan Shafar tahun 650 H.
menghancurkan rumah menteri dan para Punggawa khalifah semuanya sekitar 330 rumah dan menelan banyak korban jiwa akibat terkena reruntuhan rumah di samping banyak korban lainnya yang tenggelam dalam kejadian itu, peristiwa ini diceritakan oleh Sayyid Al Allamah Muhammad bin Abu Bakar Syillih dalam kitab Masyra’ Rawi, beliau telah menyebutkan bahwa Sayyidina Faqih Muqaddam menyebutkan kejadian banjir yang akan terjadi di Baghdad itu saat beliau dalam keadaan dibawah titik kesadaran itu, beliau juga mengabarkan akan terjadi kebakaran di masjid Nabawi dan ternyata di hari pertama bulan Ramadhan sekitar tahun 656 H terjadilah kebakaran di masjid itu, beliau juga memberitahukan tentang serbuan tentara Tatar dan khalifah akan terbunuh pada bulan Shafar tahun 650 H.
Dikarenakan dirasa terlalu lama oleh anak-anaknya masa ketidak sadaran beliau, mereka memaksa beliau untuk memakan sesuatu tetapi beliau menolak, bahkan di hari terakhir kehidupannya mereka memaksa dengan memasukkan makanan dalam perut beliau, ketika makanan itu masuk dalam perutnya mereka mendengar suara yang mengatakan: “Bila kalian merasa keberatan terhadapnya sesungguhnya kami yang akan menerimanya, bila kalian membiarkannya tidak makan pasti ia akan terus hidup.”
Menurut riwayat lain: “Ketika beliau merasa adanya makanan yang masuk dalam perut, beliau membuka mata dan dan bertanya: “Apa kalian merasa berat terhadapku?” Setelah itu beliau meninggal dunia, semoga Allah merahmati beliau dan merahmati kita semua berkat beliau serta tidak mengharamkan kita mendapatkan berkahnya di dunia dan akhirat, berikut orang tua, guru-guru dan kerabat kita semua, aamiin.
Sumber: Syarhul ‘Ainiyah (hal, 222-226)
دعاء الفقيه المقدم محمد بن علي باعلوي
اللهم انقلنا والمسلمين من الشقاوة الى السعاده ومن النار الى الجنة ومن العذاب الى الرحمة ومن الذنوب الى المغفرة ومن الاساءة الى الاحسان ومن الخوف الى الامان ومن الفقر الى الغنى ومن الذل الى العز ومن الاهانه الى الكرامه ومن الضيق الى السعه ومن الشر الى الخير ومن العسر الى اليسرومن الادبار الى الاقبال ومن السقم الى الصحه ومن السخط الى الرضى ومن الغفلة الى العباده ومن الفترة الى الاجتهاد ومن الخذلان الى التوفيق ومن البدعة الى السنه ومن الجور الى العدل الهم اعنا على ديننا بالدنيا وعلى الدنيا بالتقوى وعلى التقوى بالعمل وعلى العمل بالتوفيق وعلى جميع ذالك بلطفك المفضي الى رضاك
المنهي الى جنتك المصحوب بالنظر الي وجهك الكريم يالله يالله يالله يا رباه يارباه يارباه يااكرم الاكرمين يارحمن يارحيم ياذا الجلال والاكرام ياذا المواهب العظام استغفر الله العظيم الذي لااله الا هو الحي القيوم
واتوب اليه الهم اسالك التوفيق لمحابك من الاعمال وصدق التوكل عليك وحسن الظن بك والغنيمه عمن سواك الهي يالطيف يارزاق ياودود ياقوي يامتين اسالك تاهلابك واستغراقا فيك ولطفا شاملا من لدنك و رزقا واسعا هنيا مريئاً وسناً طويلاً وعملاً صالحاً في الإيمان واليقين وملازمةً في الحق والدين وعزاً وشرفاً يبقى ويتأبد لايشوبه تكبر ولاعتو ولافساد
وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم
اللهم انقلنا والمسلمين من الشقاوة الى السعاده ومن النار الى الجنة ومن العذاب الى الرحمة ومن الذنوب الى المغفرة ومن الاساءة الى الاحسان ومن الخوف الى الامان ومن الفقر الى الغنى ومن الذل الى العز ومن الاهانه الى الكرامه ومن الضيق الى السعه ومن الشر الى الخير ومن العسر الى اليسرومن الادبار الى الاقبال ومن السقم الى الصحه ومن السخط الى الرضى ومن الغفلة الى العباده ومن الفترة الى الاجتهاد ومن الخذلان الى التوفيق ومن البدعة الى السنه ومن الجور الى العدل الهم اعنا على ديننا بالدنيا وعلى الدنيا بالتقوى وعلى التقوى بالعمل وعلى العمل بالتوفيق وعلى جميع ذالك بلطفك المفضي الى رضاك
المنهي الى جنتك المصحوب بالنظر الي وجهك الكريم يالله يالله يالله يا رباه يارباه يارباه يااكرم الاكرمين يارحمن يارحيم ياذا الجلال والاكرام ياذا المواهب العظام استغفر الله العظيم الذي لااله الا هو الحي القيوم
واتوب اليه الهم اسالك التوفيق لمحابك من الاعمال وصدق التوكل عليك وحسن الظن بك والغنيمه عمن سواك الهي يالطيف يارزاق ياودود ياقوي يامتين اسالك تاهلابك واستغراقا فيك ولطفا شاملا من لدنك و رزقا واسعا هنيا مريئاً وسناً طويلاً وعملاً صالحاً في الإيمان واليقين وملازمةً في الحق والدين وعزاً وشرفاً يبقى ويتأبد لايشوبه تكبر ولاعتو ولافساد
وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم
Tidak ada komentar:
Posting Komentar