Selasa, 09 Agustus 2011

BERBUAT DOSA, BOLEHKAH ?

Pernah berjalan seorang laki-laki menuju Ibrahim bin Adham, beliau adalah dokter jiwa. Lalu berkata kepadanya: Aku selalu berbuat dosa, nasihatilah kepadaku tentang hal-hal yang mencegahku dari maksiat? Maka Ibrahim bin Adham menyahut: Sebetulnya kalau kamu mampu atas lima hal, niscaya kamu tidak akan berbuat maksiat..Apa itu wahai Ibrahim ?
Pertama kalau kamu ingin berbuat dosa janganlah kamu makan rizqi Allah! . Laki-laki itu bertanya keheranan  bagaimana mungkin rizqi itu kan semuanya datang dari Allah. lalu Ibrahim berkata : kalau kamu sadar itu, kenapa kamu berani memakan rizqinya lalu kamu mendurhakainya!!! lalu apakah yang  kedua ? Tanya laki-laki itu ;
Kedua kalau kamu ingin berbuat dosa janganlah kamu tinggal dibumi Allah ! laki-laki itu keheranan melebihi keheranan yang pertama. Bagaimana mungkin semuanya milik Allah ? kata Ibrahim : kalau kamu sadar itu, kenapa kamu tinggal dibumi Allah lalu kamu mendurhakainya?
Ketiga kalau kamu ingin berbuat dosa silahkan,  tapi ditempat yang tidak dilihat oleh Allah. Bagaimana bisa ya Ibrahim Allahkan mengetahui hati dan yang lebih tersembunyi dari hati , Dia mendengar gerakan semut yang berjalan di batu yang hitam pada malam yang gelap-gulita ? Lalu Ibrahim berkata : kalau kamu sadar itu, apakah kamu bisa berbuat dosa kepadanya ? "Tidak"  jawab laki-laki itu.
Keempat Bila malaikat maut datang hendak mengambil nyawamu katakanlah kepadanya tunggulah aku sepuluh tahun lagi !. "bagaimana bisa ya Ibrahim Allah telah berfirman « Apabila datang ajal mereka tidak akan mundur dan tidak akan maju walau sesa’at »". Kata Ibrahim : kalau kamu sadar itu, bagaimana kamu harapkan selamat ?.
Kelima bila malaikat zabaniah datang, hendak menyeretmu keneraka, maka kamu jangan mau! Belum habis mendengar yang kelima ini dia berkata sambil menangis : cukup Ibrahim, mulai sekarang aku bertaubat.
 Akhirnya si laki-laki itu tekun beribadah sampai meninggal.[Thowiel]

Sumber : zaad el muttaqin.

Tidak ada komentar: