Kamis, 29 Agustus 2013

SANAD TAFAQQUH FIDDIIN

Bismillaahir rahmaanir rahim

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan ni'mat yang diberikan kepada kita, terutama ni'mat Iman dan Islam, dan ni'mat dijadikan sebagai umat Nabi Pilihan yang terlahir sebagai rahmat bagi alam semesta. Sholawat dan salam senantiasa tercurah atas Nabi Muhammad dan atas keluarga serta para sahabatnya.

Selanjutnya, mengetahui mata rantai keguruan (masyaayikh pada tafaqquh fid-diin) dan sanad mempelajari syari'at Nabi Besar Muhammad SAAW termasuk sesuatu yang penting bagi seorang penuntut ilmu. Karenanya, para Ulama berkata : "Guru adalah orang tua kita dalam agama dan media yang menghubungkan antara kita dengan Allah SWT. Orang yang tidak mempunyai guru yang dapat menghubungkannya dengan mata rantai yang jelas, maka namanya laqiith (anak pungut yang tidak jelas asal usulnya)".

Maka dari itu, Rasulullah SAW adalah Guru Besar kita yang sesungguhnya, dengan melalui mata rantai guru demi guru. Dan keberadaan guru merupakan diantara ni'mat besar yang diberikan oleh Allah kepada seorang penuntut ilmu. Tanpa penghubung, kita tidak akan ada. Ilmunya tidak representative dalam pandangan para Ulama.

Atas dasar itu dan sebagai memenuhi keinginan sebagian jama'ah majelis ta'lim, maka pada catatan ini, kami tuliskan nama guru-guru yang muttashil sanadnya kepada Rasulullah SAW yang pernah bersabda : "Beruntunglah orang yang melihat aku dan beriman kepadaku. Beruntunglah orang yang melihat kepada orang yang pernah melihat aku, dan Beruntunglah orang yang melihat kepada orang yang pernah melihat kepada orang yang pernah melihat aku dan beriman kepadaku..." (HR. Ibnu Hibban).

Syahdan, sesungguhnya guru-guru kami, dimana kami bertafaqquh fiddiin kepada mereka, kami beruntung berjumpa dengan mereka, kami mengambil faidah dan mutiara yang keluar dari bibir dan akhlak mulia mereka, kami mendengar pengajaran mereka dan kami duduk di hadapan mereka serta kami mendapat cahaya Islam dari mereka, jumlahnya sangat banyak. Namun pada catatan kecil ini, kami sebutkan hanya lima tokoh saja, yaitu :
1). KH. Jarjani Maya Lempuyang, Tanara Banten;
2). KH. Arsyuddin Bin Ahmad, Lempuyang Tanara, Banten;
3). KH. Amir Shohbi, Lempuyang Tanara, Banten;
4). KH. Babay Azdi Fahmi bin Muhammad Ro'suddin, Pelamunan Kramat Watu, Banten;
5). KH. Muhammad Syafi'i Hadzami, Kebayoran Lama, Jakarta.
Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat yang luas kepada mereka, guru-guru mereka, dan murid-murid mereka. Amiin.

Maka belajar guru kami yang pertama, kedua, dan ketiga kepada KH. Suhaimi, Sasak, Kronjo, Tangerang. Beliau belajar kepada Syeikh Thohir, Pelamunan, beliau belajar kepada Syeikh Husein, Pantai Carita Caringin Banten. Beliau belajar kepada Syeikh Nawawi Banten, Ulama Besar Mekkah asal Indonesia, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti besar Madzhab Syafi'i di Mekkah.

Dan belajar agama guru kami yang pertama, kedua, dan ketiga kepada KH. Muhammad Fakhri Thowiel, Lempuyang Banten. Beliau belajar kepada Syeikh Thohir Pelamunan, beliau belajar kepada Syeikh Husein, Pantai Carita Caringin Banten. Beliau belajar kepada Syeikh Nawawi Banten, Ulama Besar Mekkah asal Indonesia, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti besar Madzhab Syafi'i di Mekkah.

Dan belajar agama guru kami yang ketiga kepada Ki Gede (Syeikh Abdul Ghaffar, Lempuyang Tanara, Banten) beliau belajar kepada Syeikh Nawawi Banten, Ulama Besar Mekkah asal Indonesia, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti Besar Madzhab Syafi'i di Mekkah.

Dan belajar agama guru kami yang pertama dan kedua kepada KH. Marhasan, Lempuyang Tanara Banten. Beliau belajar agama kepada Syeikh Abdul Ghaffar, beliau belajar kepada Syeikh Nawawi Banten, Ulama Besar Mekkah asal Indonesia, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti Besar Madzhab Syafi'i di Mekkah.

Dan belajar agama guru kami yang keempat kepada ayahnya KH. Muhammad Ro'suddin Pelamunan, beliau belajar agama kepada ayah mertuanya, Syeikh Thohir Pelamunan, beliau belajar kepada Syeikh Husein, Pantai Carita Caringin Banten. Beliau belajar kepada Syeikh Nawawi Banten, Ulama Besar Mekkah asal Indonesia, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mufti Besar Madzhab Syafi'i di Mekkah.

Dan belajar agama guru kami yang kelima kepada Al 'Alamah, Habib Ali bin Husein Al Atthas, Ulama Besar Jakarta asal Hadhromaut Yaman, yang masyhur dengan julukan Habib Ali Bungur, beliau belajar Agama kepada Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus, Guru Besar Mekkah keturunan Ulama dari Kudus Indonesia. Beliau belajar kepada Sayyid Bakri Syato, beliau belajar kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Mekkah.

Dan belajar agama Sayyid Ahmad Zaini Dahlan kepada Syeikh Abdullah bin Umar, beliau kepada Syeikh Muhammad Sholeh Ra'is Az Zamzami Al Makki, beliau kepada Syeikh Ali bin Abdul Barr Al Wanna'i, beliau kepada Syeikh Ahmad bin Jum'ah Al Bujairimi, beliau kepada Syeikh Ahmad bin Ramadhan Al Azhari, beliau kepada Syeikh Sulaiman bin Abdul Da'im Al Babili, beliau kepada Syeikh Abdul Aziz Az Zamzami, belaiu kepada Syeikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al Malibari, beliau kepada Syeikh Abdurrahman bin Ziyad dan Imam Ibnu Hajar Al Haitami, keduanya kepada Syeikhul Islam Zakaria Al Anshori, beliau kepada Syeikh Jalaluddin Al Mahalli, beliau kepada Syeikh Shaleh bin Umar Al Bulqini, beliau kepada ayahnya Syeikh Umar bin Ruslan Al Bulqini, beliau kepada Syeikh Abdurrahim bin Ali Al Qurosyi, beliau kepada Syeikh Habbatullah bin Abdurrahim Al Barizi, beliau kepada Imam Nawawi. (Yahya Bin Syarof An Nawawi) dan beliau belajar agama kepada Imam Al Kamal Sallar bin Hasan Al Barizi, beliau kepada Imam Abu Said An Naysaburi, beliau kepada Imam Ghazali, beliau kepada Imam Al-Haromain (Abdul Malik bin Abdullah Al Juwaini). Dan beliau belajar agama kepada Ayahnya Imam Abdullah bin Yusuf Al Juwaini, beliau kepada Imam Qoffal (As Shogir) Abdullah bin Ahmad bin Abdullah Al Marwazi, beliau kepada Imam Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad Al Marwazi, beliau kepada Imam Ahmad bin Sureij, beliau kepada Imam Al Anmathi, beliau kepada Imam Al Muzanni, beliau kepada Imam Syafi'i (Muhammad bin Idris As Syafi'i). Dan beliau belajar agama kepada Imam Malik, beliau belajar kepada seorang Tabi'in Agung, Imam Nafi' Maula Ibnu Umar, beliau kepada Sahabat Agung, Abdullah bin Umar, beliau kepada Rasulullah, Nabi Muhammad SAAW.

Akhirnya semoga dengan menyebutkan nama-nama Ulama, Allah SWT memberikan keberkahan yang banyak kepada kita, sehingga hidup kita mulia, dunia dan akhirat kita. Amiin Ya Robbal 'alamiin.

Sebagai penutup, mohon do'akan kami, agar Allah SWT mengampuni kesalahan kami, orang tua kami dan guru-guru kami. Dan semoga Allah SWT memberikan taufiq kepada kami untuk istiqomah dalam ibadah, menyempurnakan segala keteledoran dan kekurangan dan menerima segala amal baik kami. Atas do'anya, kami menghaturkan jazaakumullah khoirol jazaa.

Jakarta, 24 Jumadil Ula 1431 H / 9 Mei 2010 M
Disusun oleh : H. Muhammad Fakhruddin Al Bantani
Mursyid Ma'had Aly Al Arba'in Al Asyirotussyafi'iyah - Jakarta

*) Dan perlu diketahui, masing-masing Ulama yang tercantum dalam catatan ini sesungguhnya memiliki banyak sekali guru-guru, akan tetapi pada catatan ringkas ini kami sebutkan hanya sebagian kecil dari guru mereka. Wallahu A'lam.

Prakata Pelaku Posting :
Sungguh kuserahkan pada Allah SWT Yang Maha Mengetahui lagi Maha Adil mengenai niat tersirat dihati ini terhadap posting yang disampaikan melalui catatan ini.
Pribadi selaku penerbit dan posting ini, juga memohon dengan kerendahan hati kepada seluruh pembaca, khususnya para Ulama yang namanya tertera / dimaksud di dalam catatan ini, yang apabila ditemukan ada kesalahan diri dalam menuliskan nama pun gelarnya. Sungguh tidak sedikitpun ada niat menambahkan pun mengurangi catatan di atas, selain diri hanya mengutip dari apa yang telah Tuan Guru Mulia KH. Muhammad Fakhruddin bin Sofyan Al Bantani sampaikan kepada kami.
Semoga apa yang diri sampaikan melalui posting ini, dapat membawa kebaikan bagi kita semua.

Sabtu, 24 Agustus 2013

Kekuatan Maaf Rasulullah SAW

Seorang lelaki Arab bernama Tsumamah bin Itsal dari Kabilah Al Yamamah pergi ke Madinah dengan tujuan hendak membunuh Nabi Shalallahu alaihi wa sallam.

Segala persiapan telah matang, persenjataan sudah disandangnya, dan ia pun sudah masuk ke kota suci tempat Rasulullah tinggal itu.

Dengan semangat meluap-luap ia mencari majlis Rasulullah, langsung didatanginya untuk melaksanakan maksud tujuannya. Tatkala Tsumamah datang, Umar bin Khattab ra. yang melihat gelagat buruk pada penampilannya menghadang. Umar bertanya, “Apa tujuan kedatanganmu ke Madinah? Bukankah engkau seorang musyrik?”  Dengan terang-terangan Tsumamah menjawab, “Aku datang ke negeri ini hanya untuk membunuh Muhammad!”. Mendengar ucapannya, dengan sigap Umar langsung memberangusnya. Tsumamah tak sanggup melawan Umar yang perkasa, ia tak mampu mengadakan perlawanan. Umar berhasil merampas senjatanya dan mengikat tangannya kemudian dibawa ke masjid.

Setelah mengikat Tsumamah di salah satu tiang masjid Umar segera melaporkan kejadian ini pada Rasulullah. Rasulullah segera keluar menemui orang yang bermaksud membunuhnya itu.

Setibanya di tempat pengikatannya, beliau mengamati wajah Tsumamah baik-baik, kemudian berkata pada para sahabatnya, “Apakah ada di antara kalian yang sudah memberinya makan?”. Para shahabat Rasul yang ada disitu tentu saja kaget dengan pertanyaan Nabi. Umar yang sejak tadi menunggu perintah Rasulullah untuk membunuh orang ini seakan tidak percaya dengan apa yang didengarnya dari Rasulullah. Maka Umar memberanikan diri bertanya, “Makanan apa yang anda maksud wahai Rasulullah? Orang ini datang ke sini ingin membunuh bukan ingin masuk Islam!” Namun Rasulullah tidak menghiraukan sanggahan Umar. Beliau berkata, “Tolong ambilkan segelas susu dari rumahku, dan buka tali pengikat orang itu”. Walaupun merasa heran, Umar mematuhi perintah Rasulullah. Setelah memberi minum Tsumamah, Rasulullah dengan sopan berkata kepadanya, “Ucapkanlah Laa ilaha illaLlah (Tiada ilah selain Allah).” Si musyrik itu menjawab dengan ketus, “Aku tidak akan mengucapkannya!”. Rasulullah membujuk lagi, “Katakanlah, Aku bersaksi tiada ilah selain Allah dan Muhammad itu Rasul Allah.” Namun Tsumamah tetap berkata dengan nada keras, “Aku tidak akan mengucapkannya!” Para sahabat Rasul yang turut menyaksikan tentu saja menjadi geram terhadap orang yang tak tahu untung itu. Tetapi Rasulullah malah membebaskan dan menyuruhnya pergi. Tsumamah yang musyrik itu bangkit seolah-olah hendak pulang ke negerinya. Tetapi belum berapa jauh dari masjid, dia kembali kepada Rasulullah dengan wajah ramah berseri. Ia berkata, “Ya Rasulullah, aku bersaksi tiada ilah selain Allah dan Muahammad Rasul Allah".

Rasulullah tersenyum dan bertanya, “Mengapa engkau tidak mengucapkannya ketika aku memerintahkan kepadamu?” Tsumamah menjawab, “Aku tidak mengucapkannya ketika masih belum kau bebaskan karena khawatir ada yang menganggap aku masuk Islam karena takut kepadamu. Namun setelah engkau bebaskan, aku masuk Islam semata-mata karena mengharap keredhaan Allah Robbul Alamin.”

Pada suatu kesempatan, Tsumamah bin Itsal berkata, “Ketika aku memasuki kota Madinah, tiada yang lebih kubenci dari Muhammad. Tetapi setelah aku meninggalkan kota itu, tiada seorang pun di muka bumi yang lebih kucintai selain Muhammad Rasulullah.”

Sahabat……….. Apakah kita pengikut ajaran beliau? Tetapi sejauh mana kita bisa memaafkan kesalahan orang? Seberapa besar kita mencintai sesama? kalau tidak, kita perlu menanyakan kembali ikrar kita yang pernah kita ucapkan sebagai tanda kita pengikut beliau…

Sungguh, beliau adalah contoh yang sempurna sebagai seorang manusia biasa. beliau adalah Nabi terbesar, beliau juga adalah Suami yang sempurna, Bapak yang sempurna, pimpinan yang sempurna, teman dan sahabat yang sempurna, tetangga yang sempurna. maka tidak salah kalau Allah mengatakan bahwa Beliau adalah teladan yang sempurna. Semoga Shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada beliau, junjungan dan teladan kita yang oleh Allah telah diciptakan sebagai contoh manusia yang sempurna. Salam ’alaika ya Rasulullah………

Semoga Manfaat dan Membawa Selamat
TAMAN - TAMAN HIKMAH DAN ILMU ini.

Wadah Para Pecinta Ilmu Islam
KH. Muhammad Fakhruddin bin Sufyan Al-Bantani.
Mursyid Ma’had Ali Al-Arbain, Al- Asyirotus Syafi‘iyyah - Jakarta.

http://islamdidaktika.web.id/

http://fakhrualbantani.blogspot.com/